CARA MEMPERMUDAH PERSALINAN

Sunday, October 01, 2017



Dear sisters,

Yang udah nonton video lahiranku, pasti udah tau yaa kalo aku juga berjuang sekali untuk menghadirkan bukaan, yang diawali dengan kontraksi. Disini aku mau quick sharing aja, hal2 yg bisa kamu lakuin utk memicu kontraksi secara alami. Kamu bisa baca di blog ini dan nonton video di youtubeku (aku taro videonya di atas kok) :
  1. Banyak jalan : yaa klise tp ini emang ngaruh sih. Kalo aku pake di jalan pagi, dan jalan ke mall juga masuk itungan!
  2. Naik turun tangga : ini bentuk bergerak yg mudah di rumah, kira2 15-30 menit aja
  3. Jongkok : banyak yg ngepel jongkok, atau sekedar jongkok aja. Nah sayangnya aku nggak bisa jongkok. Bisanya jongkok sambil jinjit. Akhirnya aku jongkok sambil senderan suami.

  4. Induksi alami : alias "kunjungan bapake" cara ini termasuk efektif dan menyenangkan ibu bapaknya ya hehe. Jangan kaget kalo setelahnya km akan merasakan kontraksi, kalo aku kontraksinya lumayan hebat tp jeda waktunya berantakan. Harusnya kan 10 menit sekali, ini bisa 5 menit, terus 9 menit, dll.
  5. Nonton film yg bikin kamu nangis bahagia. Disini aku udah coba nonton film Korea yg katanya sedih banget, tapi anehnya aku nggak nangis. Fun fact : Aku nangis malah pas H-1 lahiran, aku nonton film Bukaan 8. Kalian coba jg nonton video lahiranku, siapa tau "mancing" hehe
  6. Cari yang bikin kamu happy, simple happiness yg kamu rinduin. Kalo versiku, aku rindu ketenangan, ijo-ijo, eskrim paddle pop dan becanda sama suami. Hal ini ternyata sangat efektif!
  7. Pijet pemicu kontraksi, ini yg selalu dilakukan suamiku tiap hari. Kamu bs cek di youtube dgn keyword : acupressure to induce labor.
  8. Gymball! Bounce! Bounce! Gravitasi membantu si bayi bergerak ke bawah. Ini latihan favoritku. Lakukan bounce, gerak kanan-kiri, atas-bawah, angka 0, angka 8. Gymball yang aku pake kalo nggak salah diameternya 55cm, kalo kamu tinggi, mungkin bisa beli yang diameternya lebih besar. Beli di e-commerce aja kok, kalo kamu ragu, bisa ke toko peralatan olahraga, dan tanya atau coba langsung disana.
  9. Nipple stimulation : caranya gerakan jari kamu di sekitar aerola nah itu bisa membantu memicu kontraksi juga. Bisa minta tolong suami juga atau sendiri aja, bebas.
  10. Usaha sudah, jangan lupa banyak berdoa dan PASRAH. Ini kuncian banget sih. Jangan ngoyo, pasrahkan, percayakan aja waktunya pasti akan datang. Bayi kamu pasti tau kapan dia paling tepat mau keluar. Jangan dibawa stress yaah :)
Itu kira-kira 10 hal yang aku lakuin. Intinya, cari gerakan-gerakan yang searah gravitasi, memicu hormon oksitosin kita untuk keluar, karena hormon inilah yang berperan saat kontraksi dan proses lahiran nanti. Dan satu lagiiiiii, kitanya juga mesti positive thinking. Selalu sebutkan hal yang baik : "AKU PASTI BISA". Ajak obrol bayi kamu, tanya kapan dia mau keluar, dan katakan kalau kamu ikhlas kapanpun ia mau bertemu kamu dan suami. Buat kalian terkoneksi dengan ibu selalu bahagia, bayi bisa ngerasain lho. Bayangin saat melakukan semua ini, bayi semakin maju dan maju menuju keluar. Bayangin aja kamu udah bisa cium bau bayi kamu dan peluk bayi kamu! Oia gerakan-gerakan ini baiknya dilakukan saat kondisi janin kamu memang sudah siap "launching" yaa, contohnya di minggu ke-38.

Good luck buat para bumil! Jangan khawatir, terutama untuk yang anak pertama, pasti ia masih cari-cari jalan keluarnya. Trust me, ini akan jadi pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan buat kamu dan suami kamu. :)

Group hug.

You Might Also Like

0 comments

DEAR MOMS

I decided to create a support community for Mom & family in February 2017. Because, we, MOMS, are forever learner. We need new mom-related knowledge, but also mom-related entertainment. Let's share inspirations and positive vibe to our motherhood! Find me at DEAR MOMS

BA-NA-NA

BA-NA-NA is my clothing line, together with @benakribo & @mahacakrie. Actually, BA-NA-NA is more to a concept store, rather than a clothing line. Youthful, Creative, and Timeless that's us. :)