JANGAN TANYA HAL INI!

Friday, August 19, 2016


Galak amat judulnya sis? Nggak nggak, kali ini aku nggak mau marah-marah, tapi sesama perempuan aku ingin share beberapa pertanyaan yang bisa dibilang sensitif untuk ditanyakan. Berawal dari pengalaman pribadiku yang sering banget menerima pertanyaan-pertanyaan serupa, tapi terkadang kelewat baper jadinya. Semakin dewasa, aku udah nggak sebaper itu sih. Paling baper sama suami sendiri *itu mah ngambekan*.

Read More >>

Aku sempat post di snapchatku (@vendryana) mengenai hal ini, karena banyak banget juga yang tanya "kapan punya debay kak?" ke aku saat awal-awal nikah. To be honest, aku fine banget ditanyain itu, nggak masalah. Malah banyak yang doain, aku mah seneng-seneng ajaa. Tapi nggak semua orang bisa menerima pertanyaan serupa. dan ternyata aku mendapat banyaaaak feedback dari teman-teman yang merasakan hal yang sama.

Jadi, buat kamu yang terkadang suka bingung mau basa-basi apa sama orang yang udah lama nggak ketemu sama kamu, kalo bisa hindari pertanyaan di bawah ini : 

Kondisi : SEKOLAH/KAMPUS 
1. Ranking berapa kemarin? 
2. Nilai ujian lo berapa?
3. Kapan LULUS?
4. Skripsi udah kelar?
5. IPK lo berapa?
6. Masuk universitas negri nggak?
7. Udah dapet kerja belom?

Kondisi : Belum Menikah 
1. Udah dapet pacar belom?
2. Masih jomblo aja? Nggak bosen?
3. Lama banget jomblo, emang nggak niat nikah?
4. Udah dilamar belom?
5. Kapan nikah?

Kondisi : Sudah Menikah
1. Kapan punya anak?
2. Kok belom punya anak juga?
3. Kapan kasih adek?
4. Hamil ya? Kok gemukan?
5. Nggak kasian nih dia nggak punya adek?
 
Aku paham semua pertanyaan itu maksudnya adalah peduli. Tapi kita nggak pernah tau apa yang terjadi di dalam hati mereka, pertimbangan apa yang mereka pikirkan kenapa mereka belum mau punya anak atau belum mau punya pacar. Bisa jadi karena trauma sama mantan pacarnya, atau mau berkarier dulu atau bahkan sudah berusaha sekuat mungkin tapi yaa memang belum rejeki aja. Kita nggak pernah tau.
Dan aku yakin, kalau mereka memang mau, mau lulus, mau nikah, mau punya anak, mereka pasti berusaha kok. Pertanyaan-pertanyaan ini terkadang bisa nyakitin hati orang terdekat kita juga lho, nggak cuma yang jarang ketemu aja. Terus apa yang harus kita lakukan? Kalau menurut pendapatku, cukup dengan tanya kabar secara general dulu. Biarkan mereka cerita dengan sendirinya, lalu kita kasih support. Support disini bener-bener support yang real, seperti elus punggung, peluk, atau kasih kata-kata penyemangat. Atau sekedar ada saat mereka butuh teman curhat atau teman sekedar berbagi perasaan mereka.

Coba untuk berempati, tempatkan diri kita di posisi mereka, bagaimana strugglingnya mereka dengan kehidupan mereka dan gimana kita juga mendukung kebahagiaan dan kesuksesan mereka. Sisi positifnya, Tuhan paling tau kapan saat yang tepat untuk mereka mencapai tahap-tahap tersebut. Semua akan indah pada waktunya. :)

Buat kamu-kamu yang berada di posisi dihujani pertanyaan-pertanyaan sejenis, be strong girls! Kalau memang itu membuat kamu sakit hati, cukup masuk kuping kiri keluar kuping kanan. Nggak usah dimasukin hati banget. Cukup kasih senyuman sambil bilang : Doain yang terbaik ya. :)

Aku yakin kalian punya pilihan hidup sendiri, dan kalian tau yang paling baik untuk kalian ataupun keluarga kalian. Percaya kalau masa-masa indah itu akan datang, dan perjuangan yang sungguh-sungguh pasti berbuah manis. Trust me! Ada yang mau share pengalaman ditanya atau saat menanyakan hal serupa? Pertanyaan apa lagi sih yang sensitif menurut kamu? Share di comment yaa!

Group hug!

Follow my social media :
instagram | twitter | youtube

You Might Also Like

2 comments

  1. Setuju banget ini sis.. aku udah hampir setahun nikah tapi belum hamil, alhasil selalu ditanya hamil? Kamu KB kah? Kok blm hamil? Memang sih kadang org bertanya karena care tp entah mengapa makin kesini pertanyaan2 itu bikin saya dan suami seperti di judge��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yaaah.. Semoga ke depannya sesuai dengan yang kamu dan suami harapkan, tetep sabar dan jangan nyerah. Jangan sampe bikin stress kamunya juga :D

      Delete

DEAR MOMS

I decided to create a support community for Mom & family in February 2017. Because, we, MOMS, are forever learner. We need new mom-related knowledge, but also mom-related entertainment. Let's share inspirations and positive vibe to our motherhood! Find me at DEAR MOMS

BA-NA-NA

BA-NA-NA is my clothing line, together with @benakribo & @mahacakrie. Actually, BA-NA-NA is more to a concept store, rather than a clothing line. Youthful, Creative, and Timeless that's us. :)