Fellows

Friday, October 14, 2011



Culinary Project's Fellows

Waktu itu awal2 website goodfoodgood launch, banyak yang nanya dan tertarik gimana caranya supaya ikutan di kegiatan ini. Mungkin di beberapa post sebelumnya, gw cuma jelasin sekilas, kurang detail. Nah sekarang gw mau jelasin, gimana caranya jadi fellows untuk kegiatan dari Dekeyser and Friends Foundation. Monggo dibaca. :)

Disini gw jadi fellows (istilah untuk mereka yang keterima di project tersebut) untuk Culinary Project. Kegiatan ini dari foundation yang berbasis di Eropa namanya Dekeyser and Friends Foundation. Jadi, awalnya, teman gw kasih tau gw ada Culinary Project ini. Karena dia tau gw suka masak, gw suka social media, jadilah gw daftarin diri dengan isi form aplikasi yang ada di websitenya Dekeyser. Tiap tahun projectnya beda2, dulu pernah ada dance project, rehousing project, dan 2011 ini culinary project sama teaching project.

Aplikasinya itu isinya pake bahasa Inggris, ada juga bagian bikin essay. Tapi ga sulit kok, karena itu menceritakan tentang diri kita sendiri, tentang passion kita. Dan nanti kita bisa masukin video atau foto yang mendukung essay kita. Lalu, kalau lolos, selanjutnya adalah tahap wawancara. Ya, waktu itu gw ditelfon langsung dari Jerman dan wawancara berlangsung pake bahasa Inggris. Waktu itu gw agak-agak ga jelas wawancaranya karena pas ditelfon pas banget adzan maghrib, tapi bisa jadi itu berkah buat gw hehe. 

Prosesnya ga terlalu lama kok, mereka ga membiarkan gw galau lama2 nunggu hasilnya. Kalo ga salah, kurang dari 1 bulan, itu udah ada pengumumannya (dikirim lewat email) kalo gw diterima. Kebetulan katanya untuk culinary project ini peminatnya banyak, sampe ribuan, dan kebetulan juga baru kali ini projectnya dekeyser cuma menerima fellows 5 orang. Alhamdulilah yah.. Oia, di project2 lainnya biasanya 15an gitu yang keterima.

Di project manapun, nantinya bakal ada 1 orang yang jadi expert di bidang project ini., kita sebutnya "Friend". In this case, gw di bawah bimbingan Tim Maelzer, salah satu chef Jerman, artis juga, yang aktif di bidang food media. Seperti Jamie Olivernya Jerman gitu. Nah buat temen2 yang pengen ikutan Culinary Project, kabarnya Tim mau adain lagi tahun depan, tapi masih belum pasti. Jadi kalian bisa aja apply project2 D&F lainnya untuk tahun 2012. Liat deh di websitenya, untuk 2012 ada Football Coaching Project, buat kalian yang suka sepakbola dan mau belajar tentang sepakbola dan gimana caranya untuk bikin acara olahraga di negara kita, bisa banget apply project ini. Selain itu ada Conservation Project, seperti pelestarian hutan begitu mungkin ya.

Yang penting, tunjukan passion kalian di aplikasinya. Jangan cuma karena motivasi ingin jalan2 ke luar negri, kalian apply project ini. Karena nantinya juga bakal sibuk setiap harinya dan yang penting keberadaan kita sebagai fellows di project ini adalah untuk membawa nama Indonesia dan membuat suatu perubahan di Indonesia dengan passion kita. Kira2 begitu ceritanya, gw inget banget deadline kumpulin aplikasi tanggal 10 maret dan gw baru kirim tanggal 9 maret. Semuanya gw pasrahin aja keterima ga keterima, ternyata gw dikasih kesempatan untuk jadi bagian dari project ini. Lagi, alhamdulilah yah..

Buat yang mau tau lebih banyak tentang deskripsi project, project2 sebelumnya, dan project2 yang akan datang, bisa langsung dilihat dan silakan explore websitenya Dekeyser and Friends :D

You Might Also Like

0 comments

Indovidgram

Find out more about Indovidgram, our short-format video creator community. Currently, the biggest video creator community in Indonesia, with more than 2.8 million followers & more than 2k creators.

BA-NA-NA

BA-NA-NA is my clothing line, together with @benakribo & @mahacakrie. Actually, BA-NA-NA is more to a concept store, rather than a clothing line. Youthful, Creative, and Timeless that's us. :)